[KPST] Pengaruh Kalor Jenis Zat Cair Terhadap Benda

Kembali lagi dengan tugas KPST.Tugas yang kami lakukan adalah mengenai percobaan yang menghubungkan dengan konsep sains Tugas ini dilakukan dalam bentuk kelompok dan anggota kelompok kami adalah

1.Naufal Afra Firdaus
2.Frederick Ivan Laurent
3.Riki Ramdhani

Berikut beberapa file yang berhubungan dengan percobaan yang kami lakukan :
1.Storyboard download
2.Artikel Percobaan download
3.Persentasi download
4.Video Simulasi 
 

Pengaruh Kalor Jenis Zat Cair
A.Alat Dan Bahan Yang Digunakan Adalah 
1.Selembar uang kertas
2.Penejepit kertas
3.Korek api
4.Garam (opsional)
5.Alcohol dengan kandungan 50-70%
6.Air

Langkah kerja :
1.Mencampurkan 20ml air dengan 50ml Alcohol. Lalu tambahkan juga sejemput garam dan di aduk hingga merata.
2.Rendam uang kertas kedalam larutan alcohol tadi (Uang harus dipastikan terkena larutan disemua sisi)
3.Ambil uang yang sudah direndam
4.Pegang uang dengan penejpit kertas
5.Kemudian bakar uang dengan api

Hasil percobaan

Setelah uang dibakar api menyala pada uang tersebut dan kemudian api tersebut mati tanpa menghanguskan uang tersebut sedikitpun dan uang tersebut terasa basah.

Mengapa Hal Ini Bisa Terjadi ???

Saat uang dicelupkan ke dalam air, maka air akan terserap di dalam uang. Kemudian anda mencelupkan ke dalam alcohol yang mana membuat uang mudah terbakar.Maka sekarang Uang mempunyai 3 lapisan . Lapisan pertama yaitu uang kedua yaitu air dan ketiga yaitu alcohol. Ketika uang mulai dibakar makan api akan membakar dan menjalar ke seluruh bagian yang tercelup alcohol. Lalu api pembakaran berfungsi juga agar lapisan air yang ada pada uang menguap. Saat seluruh alcohol telah habis terbakar maka berhenti pula proses penguapan air karena api padam. Api hanya membakar lapisan alcohol dan air dan api tidak membakar lapisan uang. Oleh karena itu uang pasti akan tetap utuh tanpa terbakar sedikitpun.

Kesimpulan

Jika suatu zat mempunyai kalor jenis yang lebih kecil dari pada zat lain,maka dipastikan bahwa zat tersebut lebih mudah terbakar dari pada zat yang mempunyai kalor jenis yang lebih besar.

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel [KPST] Pengaruh Kalor Jenis Zat Cair Terhadap Benda ini dipublish oleh Unknown pada hari Jumat, 29 Maret 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan [KPST] Pengaruh Kalor Jenis Zat Cair Terhadap Benda
 

0 komentar:

Posting Komentar