Sejarah Sandal Kelom Geulis Tasikmalaya


Sandal Kelom Geulis Tasik awalnya dikenal sebagai sandal bakiak (sandal kayu) yang banyak digunakan di daerah Jawa Barat/Sunda dan Jawa Tengah. Sandal bakiak sendiri sampai sekarang masih sering terlihat digunakan di mesjid-mesjid sebagai alas kaki dari tempat wudlu ke tempat sholat.
Sesuai perkembangan jaman, sandal bakiak ini berkembang menjadi sandal kelom (sandal kayu) dengan berbagai model yang cantik. Dari situlah muncul nama baru, yaitu sandal kelom geulis. Kelom Geulis diambil dari bahasa sunda yaitu bahasa daerah Kota Tasikmalaya (Jawa Barat) yang artinya adalah sandal kayu cantik. Kelom = sandal kayu, Geulis = cantik.

Sejarah Sandal Kelom Geulis Tasik/Sandal Kayu Khas Tasikmalaya

sandal kayu kelom geulis tasik Sejarah Sandal Kelom Geulis Tasik / Sandal Kayu khas Tasikmalaya
Para mojang sunda pasti telah akrab dengan sandal kelom geulis ini. Sandal Kelom Geulis biasanya dipakai perempuan untuk berbagai acara resmi seperti acara hajatan. Perempuan yang memakai Kelom Geulis Tasik terlihat lebih cantik, anggun, dan mempesona.
Ciri khas yang membuat Sandal Kelom Geulis Tasik menjadi cantik, menarik dan unik adalah karena sandal ini terbuat dari kayu dengan hiasan ukiran, bordir, lukisan dan batik khas Tasikmalaya dan dibuat secara manual menggunakan tangan manusia.
Dahulu bentuk Sandal Kelom Geulis memang belum terlalu beragam, namun dengan inovasi dari para perajin yang cekatan,sandal kayu cantik ini telah berkembang dengan berbagai bentuk dan motif yang lebih variatif, cantik dan menarik.

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Sejarah Sandal Kelom Geulis Tasikmalaya ini dipublish oleh Unknown pada hari Selasa, 12 Februari 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 1komentar: di postingan Sejarah Sandal Kelom Geulis Tasikmalaya
 

1 komentar:

  1. sandal seperti ini sekarang bisa sangat mahal harganya,,,luar biasa inovasinya,,,,keren

    BalasHapus